1. informasi harus dikelola dengan baik oleh manager, karena manager mengelola sumber daya fisik juga sumber daya konseptual. yang diantaranya manager memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan kemudian diproses menjadi informasi yang berguna. manager juga memastikan juga orang yang layak dalam organisasi untuk menerima informasi tersebut dalam bentuk yang tepat, sehingga dapat bermanfaat. manager akhirnya juga membuang informasi yang tidak beguna lagi dan menggantikan dengan informasi yang mutakhir dan akurat.
2. #up to date: menurut dimensi waktu, artinya adalah terbaru. pencarian berita atau data ataupun informasi terbaru menurut penunjuk waktu, seperti tanggal, hari, dan jam.
-contoh: seseorang yang tidak bisa masak, tetapi dia tahu tempat restaurant" enak melalui media informasi.
#detail: menurut dimensi bentuk, artinya adalah informasinya yang lebih terperinci, tidak keluar dari pembahasan dan informasi tersebut mengabil pokok" pembahasannya saja.
-contoh: informasi yang disajikan membahas mengenai satu pokok bahasan.
#akurat(accuracy): menurut dimensi isi, artinya adalah informasi yang di cari tepat dan benar, seksama dan teliti. sehingga informasi yang di sediakan telah melalui proses kebenarannya. tidaak menyesatkan, bebas dari kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksud informasi tersebut.
-pengumuman pemenang lomba yang telah diselenggarakan. telah melalui proses penilaian juri secara teliti.
3. #planning: pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selajutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa.
contoh:
-rencana produksi akan meliputi perencanaan kebutuhan bahan, jadwal produksi, jadwal pemeliharaan mesin dan lain lain.
-dalam bidang pemasaran meliputi perencaan target penjualan, program promosi, dan lain lain.
-menentukan tujuana(what), menentukan waktu(when), menentukan cara mengerjakan(how)/ rincian tugas, menentukan tenaga(who)/karyawan, menetukan tempat(where)/layout&jabatan, menentukan alternatif(why)/pilihan.
#organizing:menetapkan pembagian kerja, penugasan kerja, pengelompokan pekerjaan untuk organisasi, serta menetapkan wewenang dan tanggung jawab. atau dalam pengertyian lain nya adalah pengelompokan kegiatan yang diperlukan yakni penetapan susunan organisasi serta tugas dan fungsi termasuk menetapkan kedudukan dan sifat hubungan antara masing masing unit.
contoh:
- menentukan wadah dan bentuk organisasi(lini, lini&staf, fungsional, panitia)
- menyusun aturan, prosedur pembagian kerja(mengelompokan kerja yang spesifik)
-menetapkan orang orang.
#controlling: mengontrol kerja para karyawan dengan mengadakan penilaian dan koreksi, sehingga apa yang sedang dilakukan bawahan dapat diarahkan dengan cara mengadakan pemeriksaan, mencocokan dan melakukan tindakan apabila terjadi penyimpangan.
contoh:
-berpedoman kepada tujuan
- meneliti apa yang sedang dilakukan
- membandingkan hasil kerja dengan program anggaran(penilaian atau evaluasi) seperti: pencegahan, perbaikan, tindakan, sanksi, pembinaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar